Selasa, 25 Agustus 2009

Profil Usaha Gendhis Natural Bag

Deskripsi Usaha Gendhis Natural Bag

Salah satu usaha yang diamati oleh kelompok kami adalah milik Ibu Ferry Yuliana yang memproduksi tas natural. Usaha ini pun kemudian diberi nama GENDHIS Natural Bag yang berada di Ringroad Barat, Bedog, Trihanggo, Gamping, Sleman Yogyakarta. Gendhis Natural Bags adalah perusahaan home industri perorangan yang bergerak di bidang kerajinan tangan (handmade) khususnya pembuatan tas-tas dari bahan natural yang ramah lingkungan & kombinasinya.

Resiko Usaha Gendhis Natural Bag

- Menentukan jumlah tenaga kerja yang optimal sehingga dapat disesuaikan dengan kapasitas produksi dan jumlah pesanan rata-rata per bulannya.
- Perubahan selera konsumen yang cepat dan dinamis
- Pihak - pihak yang dengan sengaja meniru dengan memproduksi dan memasarkan produk-produk yang sama ataupun mirip dengan yang diproduksi oleh Gendhis Natural Bag

- Adanya persepsi dari sebagian masyarakat yang menganggap bahwa tas yang diproduksi oleh Gendhis Natural Bag memiliki harga yang cukup mahal
Solusi Usaha Gendhis Natural Bag
- Saat ini, hal yang dilakukan Gendhis untuk mengatasi masalah tenaga kerja yang bekerja di Gendhis adalah dengan mengelompokkan tenaga kerja menjadi 2 yaitu tenaga kerja tetap dan tenaga kerja outsourcing.

- Pemilik Gendhis secara rutin mencoba dan menawarkan aneka model tas terbaru yang tentu saja diselaraskan dengan selera konsumen dan permintaan konsumen akan jenis tas yang dikehendaki. Selain itu, Gendhis juga bekerjasama dengan institusi desain agar produk yang dihasilkan dapat semakin beragam dan bervariasi.

- Gendhis selaku produsen tas selalu menekankan kepada konsumen maupun importir bahwa produk asli yang diproduksi Gendhis selalu mengedepankan kualitas / mutu dan tidak sebaik dengan barang tiruan yang meniru porduk-produk dari Gendhis

- Image tentang penggunaan bahan dari alam dan bersifat handmade senantiasa ditonjolkan karena dengan demikian, konsumen tidak ragu untuk memilih dan membeli produk – produk yang dihasilkan oleh Gendhis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar